• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

RENUNGAN RAMADHAN III


Suatu saat ‘Umar Bin Al-Khattab menerima surat kaleng. Didalam surat itu diberitahukan bahwa Gubernur Irak yaitu Sa’ad Bin Abi Waqqas tidak menjalankan amanat kepemimpinannya dengan benar. Dengan kejadian ini, maka ‘Umar Bin Al-Khattab memanggil Sa’ad untuk menanyakan hal sebenarnya yang terjadi. Ketika Sa’ad ditanya tentang hal itu, Sa’ad tidak membenarkan berita dalam surat kaleng tersebut. “Umar Bin Khattab masih penasaran dengan benar dan tidaknya surat tersebut. Maka ‘Umar Bin Khattabpun bertanya langsung dengan rakyat yang dipimpin oleh Sa’ad. Para rakyatnya menjelaskan kepada ‘Umar bin Khattab, bahwa Sa’ad telah menjalankan amanatnya dengan benar kecuali satu orang yang berbeda. Sa’ad kaget dengan orang ini, maka Sa’ad berdo’a agar Allah menjadikan umurnya sampai pikun kalau ucapannya adalah dusta dan menga ada ada saja. Karena orang ini dusta, diapun umurnya sampai pikun. Hari – harinya diisi dengan menggoda para perempuan. Allah mengabulkan do’a Sa’ad, karena Sa’ad adalah orang yang terdzalimi. Do’a orang teraniaya itu tidak ada penghalang antara orang yang berdo’a dengan Allah.

Kejadian ini memberikan pelajaran kepada kita agar :

1. Menjauh dari ucapan dusta

إياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار. الحديث

” Jauhilah olehmu dari dusta, karena sesungguhnya dusta itu menghantarkan kepada dosa, dan sesungguhnya dosa menghantarkan kepada neraka. ”

2. Berhati – hati dengan do’a orang yang teraniaya.

واتق دعوة المظلوم فإنه ليس بينه وبين الله حجاب . الحديث

“Dan takutlah olehmu daripada do’a orang yang teraniaya, karena sesungguhnya tidaklah ada antara orang yang teraniaya dengan Allah penghalang.”

3. Hendaknya senantiasa berdo’a agar dijauhkan dari umur pikun dengan do’a berikut ini :

اللهم إني أعوذ بك من البخل وأعوذ بك من الجبن وأعوذ بك أن أُرَدَّ إلى أرذل العمر وأعوذ بك من فتنة الدنيا وأعوذ بك من عذاب القبر

” Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari sifat bakhil, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat penakut, dan aku berlindung kepadaMu dari mencapai seburuk – buruk umur ( umur yang sudah tua ), dan aku berlindung kepadaMu dari fitnah dunia dan dari adzab kubur.”

Semoga tulisan ini dapat menambah kebaikan untuk hidup kita. Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: