• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

TUNTUTAN SYAHADAT


Syahadat adalah rukun islam yang pertama. Orang islam senantiasa mengatakan syahadat ini baik disaat shalat maupun diluar shalat. Pertama kali orang yang hendak masuk agama islam, maka diwajibkan baginya untuk mengucapkan syahadat. Banyak orang islam yang tidak mengetahui bahwa syahadat tersebut memiliki tuntutan yang harus dipenuhi. Jika tuntutan itu tidak dipenuhi, maka sia – sialah syahadatnya. Hal itu seperti halnya orang yang mengucapkan cinta kepada ibunya, tapi dia tidak melakukan tuntutan dari kata cinta itu. Cinta seperti ini bukanlah cinta yang sebenarnya melainkan cinta palsu. Sebagai gambaran; jika didepan ibu, seorang anak mengucapkan bahwa dia mencintainya, tapi dibelakangnya dia tidak mau menjaga nama baiknya, tidak menuruti apa – apa yang di perintahkan dan dilarangnya, maka apalah arti cinta seperti ini.

Tuntutan dari ucapan syahadat itu  adalah ada 2 hal. Pertama adalah menjadikan Allah sebagai Tuhan yang berhak disembah dan yang kedua adalah kewajiban taat terhadap tuntunan Rasulullah. Dalam postingan kali ini, penulis akan membahas yang kedua saja karena yang pertama sudah banyak dibahas oleh para penulis. Berikut dalil – dalil yang berkenaan dengan tuntutan kedua :

  1. Hai orang – orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah RasulNya. Q.S:Annisa: 59 )
  2. Barang siapa yang menta’ati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menta’ati Allah. ( Q.S: Annisa : 80 )
  3. Dan ta’atlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat. ( Q.S: Annur : 56 )
  4. Dan hendaklah orang – orang yang menyalahi perintah Rasul takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih. ( Q.S : Annur : 63 )
  5. Katakanlah : ” jika kamu ( benar – benar ) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa – dosamu.” ( Q.S : Al-‘Imran : 31 )
  6. Dan jika kamu ta’at kepadanya ( Rasulullah ), niscaya kamu mendapat petunjuk. ( Q.S : Annur : 54 )
  7. Maka jika mereka tidak menjawab ( tantanganmu ), ketahuilah bahwa sesunggunya mereka hanyalah mengikuti hawa nafsu mereka ( belaka ). Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang – orang yang zalim. ( Q.S : Al- Qashash : 50 )
  8. Sesungguhnya telah ada pada ( diri ) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu ( yaitu ) bagi orang – orang yang mengharap ( rahmat ) Allah dan ( kedatangan ) hari kiamat dan banyak menyebut Allah. ( Q.S : Al-Ahzab : 21 )
  9. Shalatlah kalian seperti kalian melihat shalatku. ( H.R : Bukhari )
  10. Ambillah ibadah – ibadah kalian dari saya. ( H.R : Muslim )
  11. Barang siapa yang beramal dengan suatu amalan yang bukan dari perintahku, maka amalan itu ditolak. ( Hadist Muttafaqun ‘Alaihi )
  12. Siapa yang benci terhadap sunnahku, maka bukanlah dia dari golonganku. ( Hadist Muttafaqun ‘Alaihi ).

Kewajiban ta’at kepada Rasulullah merupakan kewajiban yang harus diwujudkan. Dimana kewajiban ini disambungkan dengan kewajiban ta’at kepada Allah ( lihat poin 1 ), ayat seperti ini banyak  didapatkan dalam Al – Qur’an . Dalam ayat pada poin 2 kewajiban ta’at kepada Rasulullah berdiri sendiri, tidak diiringi dengan kewajiban ta’at kepada Allah, hal ini karena menta’ati Rasulullah itu berarti menta’ati Allah. Ta’at kepada Rasulullah adalah merupakan sebab turunnya Ramat ( kasih sayang ) Allah ( lihat poin 3 ) dan sebaliknya, orang yang tidak ta’at kepada Rasulullah maka akan mendatangkan fitnah ( siksaan, munculnya bid’ah, lahirnya kekufuran, merajalelanya kenifakan ) ( lihat poin 4 ). Sungguh Allah telah menjadikan keta’atan kepada Rasulullah sebagai sebab untuk memperoleh cinta Allah dan pengampuan dosa – dosa ( lihat poin 5 ), dan menjadikan keta’atan kepada Rasulullah sebagai jalan mendapatkan hidayah Allah dan tidak menta’atinya sebagai jalan kesesatan ( lihat poin 6 dan 7 ).

Allah mengabarkan bahwa sosok Rasulullah adalah suri teladan yang baik untuk umatnya ( lihat poin 8). Imam Ibnu Katsir berkata : Ayat yang mulia ini ( ayat pada poin 8 ) adalah dasar yang besar / kuat untuk senantiasa mengikuti Rasulullah dalam hal perkatannya, ucapannya, dan kehidupannya. Oleh karena inilah Allah memerintah manusia ( shahabat ) untuk mengikuti Rasulullah pada saat perang ahzab dalam hal kesabarannya, kekuatannya dalam bersabar, kemantapannya dalam siap siaga, kesungguhannya, dan penantiannya dalam menunggu pertolongan Allah.

Sungguh Allah telah menyebutkan di dalam Al – Qur’an berkenaan dengan keta’atan kepada Rasulullah sekitar 40 tempat. Ini semua karena manusia lebih membutuhkan terhadap pengetahuan apa – apa yang datang dari Rasulullah dan mengikuti ajarannya daripada makanan dan minuman. Manusia tanpa makanan dan minuman maka akan dihadapkan kepada kematian di dunia. Sedangkan manusia tanpa pengetahuan terhadapa apa – apa yang datang dari Rasulullah dan tanpa mengikuti ajarannya, maka dia akan mendapatkan siksaan dan kesengsaraan yang abadi.

Rasulullah telah memerintah umatnya untuk mengikutinya dalam hal beribadah kepada Allah ( lhat poin 9 – 12 ). Semua amalan ibadah haruslah ada tuntunan dari Rasulullah. Amalan yang tidak ada dasarnya dari Rasulullah, maka mengakibatkan amalan tersebut ditolak dan tidak diterima. Meskipun amalan seseorang banyak, tapi jika amalan tersebut tidak ada contohnya dari Rasulullah, maka amalannya menjadi sia – sia dan tidak membawa manfaat sedikitpun. Semga kita semua dapat mewujudkan tuntutan dari syahadat ini, sehingga syahadat kita tidak menjadi ucapan yang tiada arti.

DAFTAR PUSTAKA

كتاب التوحيد لفضيلة الشيخ د. صالح بن فوزان الفوزان

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: