• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

UCAPAN BERBALIK


Lisan dan kemampuan berbicara adalah merupakan nikmat Allah yang patut disyukuri. Mensyukuri  nikmat lisan ini terwujud dengan cara menggunakannya dalam hal – hal yang Allah ridhoi dan cintai. Diantara wujud syukur terhadap lisan adalah berbicara jujur, menyenangkan hati yang sedang duka, menghibur orang yang sedang diliputi kesedihan, tidak berbicara kotor, tidak mengumpat, tidak mencela dan masih banyak contoh yang lain. Semuanya dapat dipahami dengan memahami Agama Islam. Lisan adalah sumber kebahagiaan, jika digunakan untuk kebaikan seperti contoh yang telah tersebut. Lisan juga merupakan sumber kecelakaan dan kehancuran, jika digunakan untuk kejelekan.

Dahulu kala ada seorang yang salah dalam menggunakan lisannya, sehingga dengan lisannya dia mendapatkan kecelakaan dan kehancuran. Dialah yang bernama Abu Lahab, salah satu paman Nabi Muhammad صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  yang memiliki nama aslinya Abdul ‘Uzza Bin Abdul Muthallib dan nama julukannya Abu ‘Utaibah. Berikut hadist yang ada dalam kitab Shahih Al-Bukhari No. 29588 yang mengawali kecelakannya :

عَنْ اِبْن عَبَّاس أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ إِلَى الْبَطْحَاء فَصَعِدَ الْجَبَل فَنَادَى ” يَا صَبَاحَاهُ ” فَاجْتَمَعَتْ إِلَيْهِ قُرَيْش فَقَالَ ” أَرَأَيْتُمْ إِنْ حَدَّثْتُكُمْ أَنَّ الْعَدُوّ مُصَبِّحُكُمْ أَوْ مُمَسِّيكُمْ أَكُنْتُمْ تُصَدِّقُونِي ؟ – قَالُوا نَعَمْ قَالَ – فَإِنِّي نَذِير لَكُمْ بَيْن يَدَيْ عَذَاب شَدِيد فَقَالَ أَبُو لَهَب أَلِهَذَا جَمَعْتنَا ؟ تَبًّا لَك فَأَنْزَلَ اللَّه ” تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَب وَتَبَّ “

Dari Ibnu Abbas رضي الله عنه : Nabi  صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  keluar ke tanah lapang, lalu beliau naik keatas bukit dan menyeru “berkumpullah pagi-pagi” lalu berkumpulah orang – orang Qurays kepada Rasulullah صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, Lalu beliau berkata “Bagaimanakah  pendapat kalian bila aku beritahukan kepada kalian bahwa akan datang musuh kalian untuk menyerang kalian semua di waktu pagi dan sore?, Apakah kalian akan akan membenarkan beritaku ini ? Mereka menjawab : Ya.  Rasulullah صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  lantas berkata : “Sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan terhadap azab Allah yang berat” Maka berkatalah Abu Lahab : Untuk inikah kamu kumpulkan kami? Celakalah kamu, Maka Allahpun menurunkan surat { تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ } :“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa”

Hadist diatas menggambarkan bahwa Abu Lahab celaka karena lisannya, dimana dia mengatakan kepada Nabi Muhammad صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : Celakalah kamu. Cerita Abu Lahab ini telah diabadikan didalam Al-Qur’an agar dapat diambil pelajaran oleh yang lain. Ucapan Abu Lahab ini tidaklah terjadi pada diri Rasulullah صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  , tapi ucapannya berbalik kepada dirinya sendiri. Dia menginginkan kecelakan untuk Nabi Muhammad صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  , tapi Allah membalikkan KECELAKAAN itu kepada diri Abu Lahab.

Demikian kisah Abu Lahab yang ringkas dan semoga dapat memberi manfaat. Sungguh merupakan sikap orang pintar adalah yang dapat mengambil manfaat dari kisah ini dan menerapkannya dalam kehidupannya. Orang yang tidak mau mengambil manfaat dari kisah ini ataupun kisah – kisah lain, maka sebenarnya dia menginginkan kisah itu terulang pada dirinya. Kehidupan dunia adalah kehidupan yang berulang, meskipun pelaku dan masanya berbeda.

DAFTAR PUSTAKA
تفسير ابن كثير
تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان
التفسير للصف الأول المتوسط بالمملكة العربية السعودية وزارة المعارف
دروس من القران الكريم ( سلسلة تعليم اللغة العربية للمستوى الأول )

2 Responses

  1. bagus artikelnya. salam kenal. makasih sudah mengunjungi blog saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: