• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

HAK ALLAH DAN HAK HAMBA


Ibnu Mas’ud رضي الله عنه  berkata : Barang siapa yang ingin melihat wasiat Muhammad صلى الله عليه وسلم yang tertempel diatasnya cincin stempel milik beliau, maka hendaklah dia membaca firman Allah : ” Katakanlah ( Muhammad ) : ” Marilah kubacakan apa yang diharamkan kepadamu oleh Tuhanmu, yaitu : janganlah kamu berbuat syirik sedikitpun kepadanya….”dan seterusnya, sampai pada firmanNya : ” Dan ( kubacakan ) : ” Sungguh inilah jalanKu berada dalam keadaan lurus….” Dan seterusnya. Berikut kontek aslinya :

قال ابن مسعود رضي الله عنه : من أراد أن ينظر إلى وصية محمد صلى الله عليه وسلم التي عليها خاتمه فليقرأ قوله تعالى : ﴿ قل تعالوا أتلو ما حرم ربكم عليكم ألا تشركوا به شيئا ﴾ – إلى قوله – ﴿ وأن هذا صراطي مستقيما …… ﴾ ( سورة الأنعام : 153 )

Ayat yang tercantum didalam hadist diatas adalah menerangkan dengan tegas bahwa perbuatan syirik itu diharamkan. Rasulullah صلى الله عليه وسلم  menerangkan juga bahwa tauhid ( lawan dari syirik ) adalah merupakan hak Allah atas hambaNya. Berikut keterangannya :

Dari Mu’adz Bin Jabal رضي الله عنه  berkata : Aku pernah diboncengkan Nabi  diatas seekor keledai. Lalu  beliau bersabda kepadaku : ” Hai Muadz, tahukah kamu apa hak Allah yang wajib dipenuhi oleh para hambaNya dan apa hak para hamba yang pasti dipenuhi Allah ?. Aku menjawab : Allah dan RasulNya lebih mengetahui. Beliau bersabda : Hak Allah yang wajib dipenuhi oleh para hambaNya yaitu mereka beribadah kepadaNya saja dan tidak berbuat syirik sedikitpun kepadaNya, dan hak hamba yang pasti dipenuhi Allah yaitu Allah tidak akan menyiksa orang yang tidak berbuat syirik sedikitpun kepadaNya. Aku bertanya : Ya Rasulullah, tidak perlukah aku menyampaikan kabar gembira ini kepada orang – orang ?. Beliau menjawab : ” Janganlah kamu menyampaikan kabar gembira ini kepada mereka sehingga mereka nanti akan bersikap menyandarkan diri. Berikut kontek aslinya :

عن معاذ بن جبل رضي الله عنه قال : كنت رديف النبي صلى الله عليه وسلم على حمار فقال لي : ” يا معاذ أتدري ما حق الله على العباد , وما حق العباد على الله ؟” فقلت : الله ورسوله أعلم, قال : ” حق الله على العباد أن يعبدوه ولا يشركوا به شيئا” فقلت : يا رسول الله أفلا أبشر الناس ؟ قال : ” لا تبشرهم فيتكلوا ” أخرجاه في الصحيحين.

Dari keterangan diatas disimpulkan bahwa hak Allah atas hamba adalah hendaklah hambaNya mentauhidkanNya ( mengesakanNya dalam beribadah kepadaNya ) dan tidak berbuat syirik dalam beribadah kepadaNya ( tidak menyekutukanNya dalam Ibadan seperti menyembah Allah tapi juga datang ke makam – makam para wali dengan berniat minta tolong ). Hamba yang dapat memenuhi hak Allah ini maka akan mendapatkan haknya atas Allah ( mendapatkan janji Allah yang dijanjikan bagi para ahli tauhid ) berupa selamat dari siksaNya. Sebaliknya hamba yang berbuat syirik, niscaya terancam dengan api neraka dan siksaanNya kecuali dia mau bertaubat.

Syirik merupakan bahaya yang dapat berakibatkan fatal. Hamba yang beribadah kepada Allah dan dia berbuat syirik, maka seluruh amalnya akan batal dan terhapus. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an yang artinya : ” Kalau kamu berbuat syirik maka sungguh amal kamu akan terhapus. Fenomena syirik dari tahun ke tahun semakin bertambah, dan diantara jalan keluar untuk dapat selamat dari perbuatan syirik ini adalah belajar ilmu agama islam. Umat islam yang terjerumus dalam perbuatan syirik kadang diakibatkan karena kebodohannya terhadapa agama. Sehingga berpandangan bahwa apa yang orang banyak lakukan adalah benar dan apa yang jarang dilakukannya adalah salah dan menyeleweng. Semoga Allah melindungi kita semua dari perbuatan syirik dan menjadikan kita sebagai para ahli tauhid.

DAFTAR PUSTAKA
كتاب التوحيد الذي هو حق الله على العبيد للإمام المجدد محمد بن عبد الوهاب

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: