• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

MUSLIM DENGAN KEBENARAN


     Suatu saat Abu Hurairah ( semoga Allah meridhoinya ) ditugaskan menjadi penjaga Baitul Mal. Di saat beliau sedang menjalankan tugasnya, datanglah seorang pencuri yang hendak beraksi, ingin mengambil isi Baitul Mal. Ketika pencuri sedang beraksi, Abu Hurairah mengetahui aksinya, beliaupun langsung menangkapnya. Pencuri memohon kepada Abu Hurairah agar dilepaskan, dan dia beralasan bahwa dia mencuri karena terdesak oleh keadaan. Dengan alasan ini pencuri, Abu Hurairah merasa kasihan dan beliau akhirnya melepaskan pencuri tersebut sehingga si pencuri dapat lolos dan selamat dari Abu Hurairah. Peristiwa ini tidak membuat pencuri itu jera dan kapok. Ini terbukti; pada malam yang kedua, pencuri itu mengulangi aksinya. Tapi lagi – lagi pencuri tidak mujur nasibnya, Abu Hurairah mengetahui keberadaannya dan langsung beliau berhasil menagkapnya lagi. Pencuri mengutarakan alasan pencuriannya lagi dengan alasan yang dia pandang dapat diterima. Ketika Abu Hurairah mendengar alasan pencuri tersebut , beliau merasa kasihan terhadapnya, maka pada akhirnya pencuri dilepaskan untuk yang kedua kalinya. Abu Hurairah berharap ini adalah terakhir kalinya dia mencuri.
Diluar dugaan Abu Hurairah, pencuri itu datang yang ketiga kalinya. Tapi alhamdulillah, Abu Hurairah tetap berhasil menangkapnya dan menggagalkan aksinya. Berkatalah Abu Hurairah kepadanya : Sungguh akan saya laporkan kamu kepada Rasulullah . Pencuri menjawab : Jangan engkau laporkan, tolong lepaskanlah saya, nanti akan saya ajarkan kepada engkau suatu ayat dari Al – Qur’an yang apabila engkau membacanya , niscaya SYETAN tidak akan mendekati kamu dan tidak pula mengganggu engkau. Abu Hurairah bertanya : Ayat yang mana itu ?. Pencuri menjawab : Dia adalah Ayat Kursi. Mendengar jawaban ini, pencuri tersebutpun dilepaskan dan lolos untuk ketiga kalinya.
Kejadian ini dilaporkan Abu Hurairah kepada Rasulullah Shallallahu “Alaihi Wa Sallama. Rasulullah lantas bertanya kepadanya : Tahukah engkau siapa yang mengatakan bahwa Ayat Kursi adalah dapat menjaga seseorang dari gangguan SYETAN dengan izin Allah ?. Ketahuilah bahwa sesungguhnya dia adalah SYETAN, dan sungguh dia sudah berkata benar kepada engkau, meskipun dia adalah PENDUSTA.
Kisah ini secara lengkap ada pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Orang yang mencermati rangkaian kisah itu dengan benar, niscaya akan mendapatkan banyak pelajaran yang bermanfaat untuk kehidupannya, baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat. Diantara pelajaran yang banyak adalah mau menerima kebenaran darimanapun asalnya. Pelajaran yang satu ini sungguh telah banyak orang yang tidak memperolehnya. Sehingga tidak jarang orang yang menolak kebenaran dikarenakan kebenaran tersebut tidak bersumber dari organisasinya, tidak datang dari pondok pesantren tempat belajarnya, tidak dikatakan oleh syekhnya, tidak bersumber dari ini dan dari itu. Semua ini menunjukkan kesombongan seseorang terhadap kebenaran. Sungguh kebenaran adalah datangnya dari Allah. Pelajaran ini kalau diterapkan dalam keseharian, bukan saja dapat mendatangkan kebaikan untuk agama seseorang, tapi juga untuk kehidupan dunianya. Sebagai contoh; ketika ada seorang anak kecil yang pandai Matematika, lalu ada orang yang lebih tua darinya, baik dia adalah bapaknya, atau gurunya atau siapapun dia sedangkan dia kurang pandai ataupun bodoh sekalipun, dia menerima kebenaran dari anak kecil itu, maka kebodohan tentang Matematika yang melekat padanya akan hilang dan diapun akan pandai dalam berdagang ataupun berbisnis.
Orang sombong itu tidaklah dapat memasuki surga Allah yang penuh kenikmatan. Rasulullah bersabda :

لا يدخل الجنة من كان في قلبه مثقال ذرة من كبر. ثم قال : الكبر بطر الحق وغمط الناس . رواه مسلم

” Tidak akan masuk surga orang yang ada dalam hatinya seberat biji daripada kesombongan. Kemudian beliau mengatakan : adalah menolak kebenaran dan menghina manusia “.

DAFTAR PUSTAKA :

  • منهاج الفرقة الناجية والطائفة المنصورة على ضوء الكتاب والسنة للشيخ محمد جميل زينو

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: