• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

LIMA MACAM PERUSAK HATI


Ibnu Qoyyim semoga Allah merahmatinya berkata : Dan adapun perusak perusak hati yang lima adalah ; banyak bergaul, berandai – andai, bersandar kepada selain Allah, terlalu kenyang dan banyak tidur. Lima inilah yang banyak merusak  hati.

1. Banyak berkumpul dengan orang – orang

Banyak berkumpul dengan orang – orang itu mengakibatkan seseorang disibukkan dengan urusan orang lain, sehingga diapun tertuntut untuk memenuhi kebutuhan mereka, meskipun dia tidak mampu. Kalau seperti ini keadaannya, maka bagaimana waktunya untuk Allah dan untuk persiapan hari akhirnya ?. Betapa banyak perkumpulan semacam ini mendatangkan murka Allah, menghalangi nikmat Allah, menimbulkan malapetaka, menghalangi pemberian Allah dan mengakibatkan terjerumus dalam banyak bencana. Maka tidaklah ada bencana bagi manusia melainkan dari manusia itu sendiri.

Perkumpulan yang dimaksud disini adalah perkumpulan diatas kecintaan terhadap dunia. Dimana kalau dunianya itu hilang dari seseorang maka orang – rangpun akan menjauhinya. Hal ini telah diisyaratkan firman Allah,

ويوم يعض الظالم على يديه يقول يليتني اتخذت مع الرسول سبيلا. يويلتى لم أتخذ فلانا خليلا. لقد أضلني عن ذكري بعد إذ جاءني.

Dan (Ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: “Aduhai kiranya (dulu) Aku mengambil jalan bersama-sama Rasul”. Kecelakaan besarlah bagiKu; kiranya Aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia Telah menyesatkan Aku dari Al Quran ketika Al Quran itu Telah datang kepadaku. dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia. ( Al-Furqan : 27-29 ).

Pepatah arab mengatakan :

إن كثر مالي صاحبني وإن قل مالي عاداني

Jikalau uangku banyak, dia menemaniku dan jika uangku sedikit, dia memusuhiku “. Pepatah lain : “Ada uang abang disayang, tidak ada uang abang ditendang. Dalam ayat lain, Allah menyatakan :

إنما اتخذتم من دون الله أوثانا مودة بينكم في الحياة الدنيا ثم يوم القيامة يكفر بعضكم ببعض ويلعن بعضكم بعضا ومأواكم النار وما لكم من ناصرين
Dan Berkata Ibrahim: “Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia Ini Kemudian di hari kiamat sebahagian kamu mengingkari sebahagian (yang lain) dan sebahagian kamu mela’nati sebahagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sekali- kali tak ada bagimu para penolongpun. ( Al-Ankabut : 25 )

Adapun perkumpulan yang bermanfaat adalah perkumpulan yang mendatangkan kebaikan dunia dan akhirat seperti sholat jum’at, sholat hari raya, haji, belajar, jihad, nashihat dan selainnya. Meskipun demikian, dia harus menghindari dari perkumpulan yang berlebihan dalam hal yang mubah kecuali ada usaha untuk menjadikan perkumpulan itu menjadi ketaatan. Adapun kalau dia terpaksa bergabung dalam perkumpulan yang jelek, maka dia harus bersabar menerima hinaan, tetapi hinaan ini akan melahirkan kecintaan orang – orang mu’min dan kecintaan Allah.

2. Berandai – andai ( menghayal ). Menghayal adalah pekerjaan yang tidak ada akhirnya. Ibnu Qoyyim mengatakan:

هو بحر لا ساحل له

Menghayal adalah lautan yang tidak bertepi. “Biasanya orang menghayal itu akan selalu membayangkan apa yang dikhayalkannya. Hingga khayalannya sampai masuk ke dalam mimpinya, ketika dia terbangun, barulah dia ingat bahwa itu hanyalah mimpi. Khayalan yang seperti ini tidaklah mendapatkan manfaat bahkan banyak mendatangkan madhorrot atau kerusakan. Adapun berkhayal untuk sesuatu yang sifatnya baik seperti berkhayal kalau menjadi orang berilmu, dia akan mengamalkannya atau kalau menjadi orang kaya, dia akan menafkahkannya di jalan Allah, maka ini sungguh telah dipuji oleh Rasulullah dan bahkan pelakunya akan mendapatkan pahala.

Bergantung dengan selain Allah

Seseorang yang bersandar pada selain Allah, niscaya Allah menyerahkan urusannya kepada sesuatu yang menjadi sandarannya sehingga dia tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini dinyatakan dalam firman Allah

,واتخذوا من دون الله ءالهة ليكونوا لهم عزا (81) كلا سيكفرون بعبادتهم ويكونون عليهم ضدا (82). مريم : 81-82.

Dan mereka Telah mengambil sembahan-sembahan selain Allah, agar sembahan-sembahan itu menjadi pelindung bagi mereka. Sekali-kali tidak. kelak mereka (sembahan-sembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya, dan mereka (sembahan-sembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka.
واتخذوا من دون الله ءالهة لعلهم ينصرون (74) لا يستطيعون
نصرهم وهم لهم جند محضرون (75). يس : 74-75.

Mereka mengambil sembahan-sembahan selain Allah, agar mereka mendapat pertolongan. Berhala-berhala itu tiada dapat menolong mereka; padahal berhala- berhala itu menjadi tentara yang disiapkan untuk menjaga mereka. Orang yang bersandar kepada selain Allah diibaratkan seperti orang yang berlindung dari panas terik matahari dan dari hujan dengan berlindung dibawah rumah laba – laba dimana rumah laba – laba adalah rumah yang paling lemah. Orang seperti inilah akan ditimpakan kehinaan padanya seperti yang disinyalir dalam Al-Qur’an,

لا تجعل مع الله الها ءاخر فتقعد مذموما مخذولا. الإسراء : 22.

Janganlah kamu adakan Tuhan yang lain di samping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah).

Makanan
Makanan yang merusak hati itu ada dua macam. Pertama, karena haram zatnya seperti bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih bukan karena Allah dan karena haram cara perolehannya seperti hasil curian, hasil rampokan, sesuatu yang diambil dari orang lain tanpa ada ridho darinya. Kedua, karena cara pemakaiannya seperti berlebihan, kekenyangan dan yang lain. Hal ini karena dapat memberatkan dirinya dari ketaatan kepada Allah dan menyibukannya pada urusan perut dan syahwatnya. Orang yang makan banyak itu akan banyak  minum dan banyak tidur, hingga dia menjadi sengsara dalam hidupnya. Rasulullah bersabda dalam hadisnya yang terkenal
:ما ملأ ادمي وعاء شرا من بطنه, بحسب ابن ادم لقيمات يقمن صلبه. فإن كان لابد
فاعلا فثلث لطعامه, وثلث لشرابه, وثلث لنفسه.

Tidaklah ada anak adam yang mengisi bejananya yang lebih jelek daripada perutnya. Cukuplah bagi anak adam beberapa suapan yang dapat menegakkan tulang rusuknya. Kalaupun lebih dari itu, maka cukuplah 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk pernafasannya. ( H.R Tirmidzi, Ahmad, Hakim dan hadis ini disahkan oleh Syaikh Al-Bani )

Banyak tidur
Banyak tidur itu menimbulkan banyak mudhorot atau kerusakan. Akibat banyak tidur diantaranya adalah dapat menjadikan hatinya mati, menjadikan badannya berat untuk melakukan berbagai aktivitas, menyia-nyiakan waktu, dan menimbulkan banyak kelalaian dan kemalasan. Berikut tabel penjelasan masalah tidur.

No Macam tidur Penjelasan Catatan
1 Saat butuh sekali seperti setelah jaga malam dsb, tidur ba’da shalat isya, tidur ba’da shalat dhuhur. Banyak manfaat( baik ) Tidur yang sehat adalah lamanya 8 jam. Kurang atau lebih dari ukuran ini dapat menyebabkan madhorot pada kesehatan.
2 Tidur antara shubuh dan terbit matahari Kurang baik { dibenci)
3 Tidur menjelang terbenam matahari Tidak ada manfaat
DAFTAR PUSTAKA
1. Mufsidatul qulub alkhomsah wayaliha asbabu syarhishudur, Imam Ibnu Qoyim

3 Responses

  1. Nice Writing!. Thanks sudah mengingatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: