• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

DI BALIK SEBUAH DO’A


Allah berfirman di dalam Al -Qur’an :

وقال ربكم ادعوني أستجب لكم إن الذين يستكبرون عن عبادتي سيدخلون جهنم داخرين

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[1326] akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. Al-Mukmin : 60

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallama  bersabda :

الدعاء هو العبادة

Do’a itu adalah ibadah ( HR. Ahmad, 4/267 dan Tirmidzi, no. 2969 )

ليس شيء أكرم على الله تعالى من الدعاء

Tidak ada sesuatu yang lebih mulia menurut Allah daripada do’a ( HR. Ahmad, no. 8733 )
من لم يسأل الله يغضب عليه
Barang siapa yang tidak berdo’a kepada Allah, maka dia akan murka kepadanya. ( HR. Ahmad, no. 9699 dan Tirmidzi, no. 3373 )

الدعاء ينفع مما نزل ومما لم ينزل فعليكم عباد الله بالدعاء

Doa itu bermanfaat untuk menolak sesuatu yang telah terjadi dan yang belum terjadi. Maka hendaklah kalian berdoa wahai hamaba – hamba Allah. ( HR. Ahmad, no.22097 dan Tirmidzi, no. 3548 )
لا يرد القدر إلا الدعاء ولا يزيد في العمل إلا البر وإن الرجل ليحرم الرزق بالذنب يصيبه

Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa, dan tidak ada yang menambah amal seseorang kecuali kebaikan. Dan sesungguhnya seseorang akan terhalang rizkinya akibat dosa yang pernah dilakukannya. ( HR : Ahmad, no. 22466, Ibnu Majah, no. 90, dan Hakim, no. 1814, menurutnya hadits ini shahih )

الدعاء سلاح المؤمن وعماد الدين ونور السموات والأرض

Doa adalah senjata orang mukmin, tiang agama dan cahaya langit dan bumi ( HR : Hakim, no. 1812, menurutnya hadits ini shahih )

Penjelasan

Tujuan diciptakannya jin dan manusia di muka bumi ini adalah semata – mata untuk beribadah. Ibadah adalah segala perkataan dan perbuatan ( tampak atau tidak tampak ) yang dicintai dan diridhoi Allah. Salah besar orang yang mengatakan ibadah hanyalah sebatas sholat, puasa dan rukun – rukun islam yang lain. Bekerja dapat bernilai ibadah kalau diniatkan untuk memenuhi tuntutan agama, seperti memberi nafkah keluarga, membantu orang tua atau yang lainnya, begitu juga dengan kegiatan yang lain. Termasuk ibadah adalah berdoa. Doa adalah perkara yang sangat mulia disisi Allah. Allah menyuruh hambaNya untuk berdoa hanya kepadaNya. Orang yang tidak berdoa kepadaNya, maka Allah murka kepadanya. Orang yang tidak berdoa menunjukkan dia sombong, tidak butuh kepada Allah, dan merasa dirinya mampu berbuat apa saja untuk kehidupannya. Padahal bagaimanapun keadaan seseorang, miskin atau kaya, muda atau tua, karyawan atau direktur ataupun yang lainnya, pasti akan mengalami perasaan yang silih berganti, kadang merasa aman dan kadang merasa bahagia, kadang merasa bahagia dan kadang merasa sengsara, atau perasaan yang lain. Ketatapan Allah terhadap nasib manusia itu sungguh harus diimani adanya. Dan sesungguhnya doa dapat mencegah musibah yang belum terjadi dan juga dapat mengangkat musibah ketika sudah terjadi ( lihat kitab Ad-daa’ wad dawaa’ , Ibnu Qoyyim ). Seorang mukmin tidaklah memiliki senjata yang ampuh melainkan dengan doa. Sejarah Rasulullah membuktikan, dengan doa, Rasulullah dengan para shahabatnya mampu mengalahkan banyak peperangan meskipun jumlah mereka sedikit dibanding dengan jumlah lawannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: