• Table of Contents

  • Join 5 other followers

  • Sponsor

    Free Domain Name .co.nr

    Hosting Gratis

    Web hosting

    WordLinx - Get Paid To Click

  • Statistik Blog

    • 11,073 hits

APA DIBALIK AN-NAS


Banyak orang yang membaca surat ini dan bahkan sampai hafal. Tetapi kalau ditanya akan kandungan isinya, maka merekapun akan geleng – geleng kepala, sebagai tanda akan ketidak pahaman mereka akannya. Padahal kalau ditelusuri akan isi dan kandungan surat ini, maka akan didapati betapa banyaknya rumus – rumus kehidupan. Al-Qur’an diturunkan bukanlah hanya untuk sekedar dibaca atau sekedar dihafal atau sekedar diperlombakan, tapi Al-Qur’an diturunkan agar menjadi way of live, menjadi petunjuk dalam kehidupan dan menjadi rumus – rumus kehidupannya di muka bumi ini. Dengan bahasa lain Al-Qur’an diturunkan untuk diamalkan bukan untuk yang lain.
Surat ini menunjukkan bahwa didalam mengarungi kehidupan didunia, dimana syetan sudah bersumpah sejak dikeluarkan dari surga untuk menyesatkan seluruh manusia , hendaklah seorang muslim untuk senantiasa berlindung kepada Rabb manusia, Raja manusia, dan Tuhan manusia dari kejahatan bisikan yang tersembunyi. Ar-Rabb adalah Dialah Allah yang memberikan rizki kepada manusia, yang mengatur seluruh urusan – urusannya, yang menghantarkan kemaslahatan – kemaslahatan kepadanya dan yang melindungi mereka dari segala mara bahaya. Raja manusia adalah Dialah Allah yang menguasai manusia, yang mengatur untuk mereka dengan kehendak-Nya, yang memiliki kekuasaan atas mereka, dan tidaklah ada satu rajapun bagi manusia yang berlindung kepadanya disaat datangnya musibah yang tiba – tiba, lau mereka pergi kepadanya kecuali Allah, Raja manusia yang sesungguhnya, yang mampu merendahkan siapapun, mengangkatnya, menyambungkan tali persaudaraan, memutuskan tali hubungan, memberikan manfaat dan menahan manfaat.

Surat ini menyuruh manusia untuk berlindung kepada Allah.Dari siapa manusia disuruh berlindung ? . Tentunya dari dua hal, pertama dari bisikan yang tersembunyi yang di hembuskan dalam diri manusia dan kedua dari Al-Khonnas. Al-Khonnas yaitu yang senantiasa bersembunyi dan membelakang. Al-Khonnas adalah berasal dari kata al-khunus yang berarti pulang atau balik kebelakang. Membisikan dan bersembunyi adalah dua sifat yang melekat pada syetan. Ini berarti bahwa seorang hamba ketika di lalai dari mengingat Allah, maka syetan akan membisikan kejahatan yang mana bisikan ini adalah sumber seluruh kejahatan. Dan apabila hamba itu ingat Allah dan berlindung kepadanya, maka syetanpun akan menjauh dan membelakang. Dalam tafsir Ibnu Katsir, Qatadah berkata : Al-Khonnas itu memiliki hidung seperti hidung anjing, kapan seorang hamba ingat Allah , maka iapun membelakang. Kata al-khonnaas itu diatas timbangan al-fa’aal yang berarti terus – menerus , maka tatkala hamba ingat Allah, syetan akan membelakang dan ketika dia lalai maka syetanpun akan datang lagi.

Syaikh Ibnu Sa’di menjelaskan dalam tafsirnya, bahwa syetan adalah sumber segala kejahatan. Termasuk dari fitnah syetan adalah dia selalu membisikkan pada dada manusia ( kejahatan ), dimana dia menjadikan suatu yang jelek menjadi baik dan mendorong manusia untuk mengerjakannya.Sebaliknya, syetan menjadikan suatu yang baik menjadi jelek dan mendorongnya untuk tidak mengerjakannya. Dan syetan selamanya berada diatas keadaan ini. Al-Hafidz Ibnu Katsir dalam tafsirnya menukilkan hadist yang bersumber dari Anas tentang kisah berkunjungnya Shafiyah kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallama yang sedang i’tikaf. Waktu itu Rasulullah keluar bersamanya untuk mengantarkannya sampai rumah karena hari sudah malam. Ditengah perjalanan, bertemulah dengan dua orang dari kaum anshar. Tatkala dua orang ini melihat mereka Rasulullah bersama istrinya, maka dua orang ini mempercepat jalannya. Rasulullahpun langsung mencegahnya seraya berkata kepada keduanya : ” Janganlah kalian terburu – buru, karena sesungguhnya dia adalah Shafiyah Binti Huyay. Berkatalah dua orang itu : ” Maha suci Allah ya Rasulullah. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya syetan itu berada pada aliran darah anak Adam, dan sesungguhnya saya takut, syetan akan melemparkan pada hati kalian prasangka buruk terhadap saya. Hal ini Rasulullah perbuat guna menghindari fitnah yang diakan dihembuskan oleh syetan, dimana kalau dibiarkan, mungkin saja akan ada yang berprasangka, bahwa perempuan yang bersama Rasulullah bukanlah istrinya.

Syetan adalah musuh manusia. Dia senantiasa berupaya untuk mencelakakan manusia. Maka hendaklah seorang muslim membaca surat ini, agar syetan menjauh darinya. Didalam hadis shahih riwayat imam Al-Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah setiap malamnya mengumpulkan dua telapak tangannya lalu meniup keduanya seraya membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya semampunya kepada tubuhnya. Beliau memulai dari atas kepala dan wajahnya dan kemudian yang anggota tubuh lainnya.. Beliau kerjakan hal itu tiga kali. Ini menunjukkan bahwa surat an-nas termasuk dari surat yang disunnahkan membacanya, guna melindungi diri seseorang dari kejahatan jin dan manusia.

Kejahatan yang dibisikan kepada manusia itu bermacam – macam Yang pertama adalah kejahatan yang jelas – jelas larangannya dalam agama seperti berdusta , menipu, mencuri, berzina, dan yang lainnya. Yang kedua adalah yang datangnya dari jalan kebaikan seperti perkara bid’ah dan lainnya. Yang ketiga , kejahatan pada I’tiqad yang menyebabkan hati seseorang ragu akan keadaan Allah.

DAFTAR PUSTAKA
1. Tafsir Suwarin Al-Fatihah wal Ikhlas wal Mu’awwidzatain, Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab.
2. Taisirul Karim Ar-Rahman Fi tafsir Kalamil Mannan, Syaikh Abdurrahman bin Nasir As-Sa’di
3. Tafsirul Al-Qur’anul ‘Adhim, Al-Imam Abul-Fida Al-Khafidz Ibnu Katsir Ad-Damasyqa
4. Durusun minal qur’an al-karim, Universitas Ibnu Sa’ud.
5. Al-Hidayah tafsir juz’amma, A. Hasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: